Kamis, 14 April 2016

#PetGame Konsep Pembuatan Game (Scenario, Script, and Storyboard)

Sebuah konsep untuk membuat game yang akan dijadikan project dapat dimulai dengan menentukan dari tahap-tahap pembuatan game, scenario, script, storyboard, serta target dari pembuatan game itu sendiri :)

Scenario

Skenario game bisa mencakup dari kesemua itu termasuk dengan menjabarkan nilai edukasi yang ada dalam game. Skenario merupakan dasar untuk membuat game dengan merancang dokumennya dan scenario menentukan interior dan eksterior, dekor, dan studio, serta pembuatan trik. Dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan music.

Script

Script adalah suatu uraian interaksi manusia dengan mesin yang membantu proses desain dan berfokus pada keperluan user yang berbeda, sehingga dapat digunakan untuk aktivitas desain. Script berbentuk kode yang dapat dipasang pada script editor untuk menambahkan fitur-fitur yang diinginkan pada game yang dibuat.

Storyboard

Storyboard merupakan visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan, dapat dikatakan juga sebagai visual script yang akan dijadikan outline dari suatu proyek. Storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permainan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin.

Konsep Pembuatan Game

1. Pembuatan konsep 
    Dalam membuat suatu game pembuat game harus menentukan konsep dari game yang akan dibuat     nanti. seperti menentukan genre, komponen yang di gunakan, dan lain sebagainya.
2. Membuat level yang sederhana
    Jika menggunakan engine game atau alat pembuatan game untuk membuat game, maka cobalah         untuk berkreasi menggunakan engineatau alat tersebut.
4. Design
    Dalam pebuatan game, design merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam               pembuatan sebuah game.
5. Buat tujuan jangka panjang dan menengah
    Sebuah game kadang memiliki sesuatu yang didebut “mekanisme sekunder” atau “gameplay               sekunder”. Gameplay sekunder ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi pencapaian jangka panjang         pada suatu game.
6. Melanjutkan uji coba
    Dengan menguji coba suatu game maka kita dapat melihat bagian mana yang masih membutuhkan     penyempurnaan.
7. Menyempurnakan grafis dan suara dalam game-nya
    Dengan menambahkan fitur suara pada game dapat membuat pemain menjadi lebih tertarik dengan     game yang kita buat.


Referensi:
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html#

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar