Senin, 14 Maret 2016

#PetGame Pengelompokan Game Berdasarkan Jenis Permainan (Genre)

PERMAINAN
Permainan (Game) adalah permainan elektronik  yang menggunakan media komputer maupun mesin konsol seperti Playstation atau Xbox yang sudah merambah kemana mana,. Jika pada awalnya game dibuat untuk sekedar permainan sederhana yang menguji ketangkasan ataupun kecepatan reaksi pemaian, dalam perkembangan game itu mampu memberikan berbagai jenis game (genre) lain. Mulai dari game yang mengetengahkan cerita dan fantasi seperti jenis RPG (role playing game) misalnya game yang menjual simulasi dari keadaan  nyata (balap mobil dan simulasi pesawat), sampai game yang sudah ada di dunia nyata mampu di hidupkan di dalam berbagai mesin game (catur, monopoly, billiard). Berbagai genre terus bermunculan, sebagaian adalah perbaikan dari genre yang lama, sebagian lagi adalah genre baru dan sebagian lagi adalah kombinasi antar genre. Semua ini membuat game semakin variatif  dan semakin banyak produk game yang muncul.

Pengelompokan Game Berdasarkan Jenis Permainannya (Genre)

Game dari tahun ke tahun semakin banyak jenisnya, teknologi yang dipakaipun semakin canggih. dari ratusan atau bahkan ribuan game yang telah bermunculan di dunia, game-game tersebut dikelompokkan menjadi beberapa jenis/genre. Pada dasarnya, jenis-jenis game yang beredar di pasaran dapat dikelompokkan sebagai berikut : 

1. Action Games Pemain memerlukan refleks cepat, ketangkasan dan kecepatan reaksi untuk mengatasi rintangan dalam memainkan game ini. Game action cenderung memiliki gameplay dengan penekanan pada pertempuran, eksplorasi level dan memecahkan teka-teki. Action games dibagi lagi kedalam beberapa kategori diantaranya : 
      a. Action Adventure Game, berfokus pada eksplorasi dan biasanya mempunyai unsur item gathering, penyelesaian puzzle simpel, dan pertarungan (combat). Contoh dari genre ini termasuk The Legend of Zelda series dan Metroid series. 

      b. Stealth Game, termasuk dalam genre game terbaru, biasanya digolongkan dalam mata-mata yang biasa melakukan aksinya secara rahasia. Contoh dari genre ini termasuk Metal Gear series dan Tom Clancy’s Splinter Cell.  Survival Horror Game, berusaha membuat player atau pemain menjadi tegang dan takut dengan elemen-elemen horor. Contoh dari genre ini termasuk Resident Evil series dan Alone in the Dark. 

     c. Beat ‘em Up Game, seperti Side-scrolling beat ‘em up game, adalah game combat satu orang melawan banyak musuh yang telah disediakan. Contoh dari genre ini termasuk Dynasty Warriors series dan Final Fight. 

     d. Fighting Game, adalah pertarungan dua player dengan jurus-jurus yang bisa dikeluarkan dengan menekan beberapa tombol pada keyboard dengan urutan tertentu. Contoh dari genre ini termasuk Street Fighter II dan Tekken series.

      e. Maze Game, membutuhkan kecepatan berpikir dan bereaksi, serta berunsur ketepatan menavigasi. Contoh dari genre ini termasuk Pac- Man. 

      f. Platform Game, atau platformers, adalah game dengan gameplay berlari, melompat, mengayun, naik tangga, dan sebagainya. Contoh dari genre ini termasuk Donkey Kong, Sonic the Hedgehog, Mario, dan Rayman,

2. Adventure Game adventure lebih menekankan unsur narasi dan cerita, biasanya pemain memecahkan teka-teki atau masalah dengan berinteraksi dengan karakter dalam game dan lingkungan tanpa konfrontasi, pemain hanya mendapat sedikit tekanan dalam bentuk action-based challanges dengan waktu yang dibatasi. Hampir semua jenis game ini dibuat untuk dimainkan oleh satu pemain, dikarenakan penekanan yang sangat pada cerita dan karakter sehingga sulit untuk dimainkan bersama-sama pemain lainnya. 


3. Management - Live Simulation Merupakan game simulasi dimana tugas pemain untuk membangun, memperluas wilayah atau mengatur komunitas fiktif atau proyek dengan sumber terbatas. Terkadang pemain bertindak sebagai penguasa dengan mengontrol kehidupan orang-orang atau sebuah keluarga sampai peradaban tertentu.  


4. Strategy Dalam memainkan game jenis ini pemain memerlukan kehati-hatian, pemikiran dan perencanaan yang tepat untuk dapat meraih kemenangan. Selain memikirkan strategi dan taktik berperang, pemain diharuskan membuat konstruksi bangunan, mengendalikan populasi dan mengatur sumber daya alam.


5. Game Edukasi Banyak pengamat game di Indonesia mengatakan hanya genre ini yang berhasil secara komersil (dalam artian tidak di bajak, seperti game keluaran luar). Genre ini sebenarnya lebih mengacu kepada isi dan tujuan game, bukan genre yang sebenarnya. Misalnya game boby bola sebenarnya campuran dari genre arcade dan side scroller. Terkadang ada genre lain yang di campurkan sehingga genre aslinya sudah kabur. Tapi secara keseluruhan game ini dikategorikan genre edutainment, bertujuan untuk memancing minat belajar anak sambil bermain.


Jenis-jenis Permainan Edukasi 
1. Sliding 
2. Hammer Set
3. Lacing/Sewing  
4. Building Blocks
5. Play Food 
6. Puzzle 
7. Stacking
8. Pulling and Pushing,dll.

Referensi:

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar