Senin, 14 Maret 2016

#PetGame Aspek Bisnis dalam Dunia Game

Aspek bisnis yang bisa dijalani dalam dunia game




Dengan kemajuan teknologi gaming sekarang, dan masa depan dunia gaming, banyak orang yang bisa mendapatkan uang dari game.Game merupakan salah satu media entertainment yang dapat menghibur banyak orang, dan kadang kita sering juga bertanya apakah dari game ini bisa menghasilkan uang atau bisa di jadikan pekerjaan. Dibawah ini adalah aspek bisnis dalam dunia gaming yang bisa kamu jalani.

1. Seller Game
Selain berjualan game mulai console, voucher gaming, pc gaming dan aksesoris gaming, bisa juga menjual hal-hal yang berbau game seperti action figure, collector edition. Pekerjaan seperti ini selain harus mempunyai kemampuan management yang bagus dan jeli dengan pasar yang ada, juga membutuhlan modal yang tidak sedikit jika anda membuka toko offline. Kalau kurang paham dengan game apa yang lagi booming bisa jadi barang mati nantinya, karena harga yang cenderung turun terus. Untuk online bisa juga di lakukan dengan tanpa modal, yang penting berani dan jujur dengan sistem dropshipper.

2. Rental Game
Dengan harga console gaming yang mahal, dan begitu banyaknya game judul baru yang keluar, pangsa pasar untuk rental console, blueray disc original atau warnet masih sangat besar Pekerjaan seperti ini selain membutuhkan ke jelian dengan game yang booming, kemampuan servis dan maintenance peralatan gaming untuk rental juga di butuhkan modal awal yang besar.

3. Menjadi atlit e-Sport
Profesi gamer dulu mungkin bisa di bilang pekerjaan yang jarang di minati sama banyak kalangan, tapi mungkin sekarang sudah berbeda. Seperti olah raga pada umumnya, sekarang e-Sport juga sudah makin mendunia, bisa dilihat dengan kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional dan internasional yang hadiahnya bisa mencapai Milyaran Rupiah. Di foto cover di artikel ini merupakan atlit e-Sport yang sudah sering juara di Nasional dan menjadi atlit e-Sport mewakili Indonesia di ajang Internasional. Sekolah dan Universitas juga sudah mulai menerapkan kurikulum baru di bidang e-Sport. Pekerjaan ini modal tidak besar, yang penting skill bagus, berlatih tiap hari layaknya olahraga biasa, dan berusaha untuk seprofesional mungkin, karena kalau tidak bisa disiplin, sulit untuk sukses di e-Sport, kalo sudah pensiun dari atlit e-Sport, mungkin suatu saat bisa menjadi manager atlit.

4. Youtuber
Tahu Pewdiepie? Youtubers gaming yang penghasilannya didapat berdasarkan jumlah viewers dan menjadikan Pewdiepie menjadi orang terkaya didunia yang hanya bermodalkan bermain game dan kemampuan mengedit video dan melucu dari game yang divideokannya. Youtubers gaming Indonesia sendiri juga menurutku juga tidak kalah dengan berbagai channel yang sama. namun dengan ide-ide yang variatif. Modal untuk pekerjaan ini selain pintar bicara, pintar akting, pintar mengedit video, juga harus pintar dalam wawasan di video game. Karena penghasilan biasanya didapat melalui ads-revenue, maka dedikasi dalam memulai pekerjaan ini tidak boleh setengah-setengah.

5. Jurnalis Game
Menjadi penulis artikel game mulai review game-game, berita game yang lagi hot, tips dan trick, tutorial, dimana pekerjaan ini membutuhkan wawasan luas tentang game. Hasil yang didapat pun mirip dengan youtuber lewat ads, modal pekerjaan ini yang di perlukan skill di bidang jurnalisme dengan membuat kata-kata dan cerita yang semenarik mungkin sehingga traffikpun datang dan bisa menghasilkan uang.

6. Berjualan item langka dari game
Biasanya gamer menjual item-item yang memang di cari gamer lain, harganya pun bervariatif, dan kalo beruntung bisa menjual item langka bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Salah satu contoh jualan yang menghasilkan bisa dari game DOTA 2. Pekerjaan ini santai, bisa sambil bermain untuk menghabiskan waktu luang.

7. Game Developer
Membuat game yang bagus dan bisa di terima sama gamer itu terlihat gampang, tapi kenyataannya susah sekali, bahkan butuh bertahun-tahun untuk mencapai keberhasilan. Butuh dedikasi yang besar supaya game ini bisa laku di pasaran, beberapa contoh artikel bisa kita lihat disini. Kemampuan di perkerjaaan ini yang dibutuhkan juga variatif dari game designer, animator, programmer, graphic design, sound engineer, marketing, cinematography, literature, dan lain-lain.

8. Event Organiser eSport
Membuat suatu acara atau event berkelas eSport, dimana pekerjaan ini di butuhkan dedikasi yang tinggi, dengan merangkul berbagai komunitas dan para manager eSport untuk ikut bergabung dan juga meyakinkan para sponsor untuk ikut serta kedalam event yang di kerjakan. Pekerjaan ini membutuhkan deadline dan kepercayaan yang tinggi supaya gamer yakin, bahwa event gaming yang di gelar bukan merupakan suatu penipuan.

Referensi:
http://station-news.com/berbagai-macam-pekerjaan-di-dalam-dunia-gaming.html

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar