Senin, 17 November 2014

Sejarah dan Perkembangan Internet

Pengertian Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking yang berarti sekumpulan komputer yang terkait satu dengan yang lainnya, sehingga masing-masing komputer dalam berbagai spesifikasi dan bentuk jaringan yang berbeda dapat saling tukar-menukar informasi dan data dengan menggunakan seperangkat aturan yang disebut protocol TCP/IP. Istilah lain dari internet adalah cyberspace, homepage, dunia maya atau worl wide web(WWW). Internet juga dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Sejarah Internet
1. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

2. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.  

3. Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name Server. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.  

4. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun sesudahnya pengguna kembali melonjak 10 kali lipat sekitar 100.000 pengguna terhubung.

5. Pada tahun 1990 bisa di anggap tahun yang paling bersejarah dalam dunia internet, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

6. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket menjadi jutaan bahkan sampai saat ini hampir seluruh dunia terhubung ke internet. 

Perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet :
-Saluran telepon
-Unit komputer : Microprocessor, Hardisk, Memori, Monitor, Modem, 

Cara Kerja Internet

* Modem
Modem merupakan perangkat tambahan yang menjembatani komputer agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog serta mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. 

* Router
Router adalah alat jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Jika router diposisikan diantara internet dan jaringan internal, router tersebut dapat berlaku sebagai firewall. Router biasanya dilengkapi dengan tabel data alamat - alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan

* Domain name server
Domain name server atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan penerjemah dari sebuah alamt IP address ke alamat domain address serta sebaliknya. DNS merupakan bagian penting dari internet karena server - server DNS menangani penerjemahan naman - nama host ke IP address numerik sehingga paket - paket dapat dirutekan ke alamat yang tepat di dalam internet.

* Web server
Web server merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima permintaan informasi dari user melalui web browser serta mengirimkan kembali informasi yang diminta melalui hypertext transfer protocol atau HTTP. Biasanya web server diletakkan di komputer tertentu pada web hosting.

* ISP atau internet service provider
ISP merupakan perusahaan penyedia layanan koneksi ke internet. Umumnya ISP mempunyai beberapa modem dimana pelanggannya bisa melakukan dial up dengan account PPP.

Dampak positif dari internet :

1. Sebagai media komunikasi.
2. Sebagai media pertukaran data.
3. Sebagai media pencarian informasi dan data.
4. Memberikan kemudahan dalam pencarian informasi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan pendidikan,kebudayaan,dll.
6. Digunakan sebagai alat transaksi bisnis yang mudah.

Dampak negatif dari internet :

1. Penipuan.
2. Banyak yang bersifat pornografi dan kekerasan.
3. Bisa membuat orang kecanduan.
4. Sebagai tempat perjudian.

Demikian seputar pengertian internet dan sejarah internet yang berkembang pesat hingga sekarang ini. Semoga bisa memberikan wawasan dan khasanah pengetahuan sobat :)


Referensi:
Osman,Osdirwan.2010.Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA kelas XI.Jakarta:ARYA DUTA 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://www.mint.web.id/2013/03/pengertian-internet-dan-sejarah.html
http://agungbudip94.blogspot.com/2014/09/sejarah-internet.html
http://carapedia.com/kerja_internet_info2555.html

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar